Diskusi Seri Pemilu #5

15 Apr 2019 9.00 AM - 15 Apr 2019 12.00 PM
Auditorium CSIS
Latar Belakang

Menjelang Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden periode 2019-2024, 17 April 2019, kedua pasang Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) bertarung untuk merebut hati pemilih dengan visi, misi, serta program aksi/kebijakan ekonomi yang ditawarkan melalui “Menuju Indonesia Maju” versi Joko Widodo-Ma’ruf Amin dan “Indonesia Menang” versi Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Program aksi dan kebijakan ekonomi menjadi isu penting dalam persaingan kedua pasang calon di Pilpres 2019 mendatang. Maka dari itu, arah pembangunan ekonomi Indonesia akan sangat bergantung pada bagaimana kedua pasang Capres dan Cawapres beserta timnya merumuskan program dan kebijakan ekonomi yang akan dijalankan ketika salah satu dari kedua pasang tersebut secara resmi terpilih sebagai Presiden dan Wakil Presiden 2019-2024.

Terkait dengan visi, misi, serta program aksi/kebijakan yang diusung kedua pasang calon, di tengah tekanan internal maupun eksternal, penting bagi kedua pasang Capres dan Cawapres untuk lebih cermat dan strategis dalam menyampaikan serta merealisasikan ide dan gagasannya untuk memperkuat struktur perekonomian nasional. Langkah-langkah program aksi/kebijakan yang diambil juga harus sejalan dengan kondisi perkembangan perekonomian global saat ini agar terjadi harmonisasi yang cukup baik antara perekonomian nasional dan global. Hal ini menjadi sangat penting untuk secara konsisten dan cermat dalam memetakan program aksi dan kebijakan ekonomi Indonesia dalam lima tahun ke depan, khususnya di periode 2019-2024.

Berdasarkan uraian di atas, Departemen Ekonomi Centre for Strategic and International Studies (CSIS) bermaksud menyelenggarakan Diskusi Seri Pemilu 2019 sebagai sarana edukasi publik yang membahas arah pembangunan ekonomi nasional berdasarkan ide dan gagasan kedua pasang Capres dan Cawapres, khususnya terkait isu ekonomi, kesejahteraan sosial, keuangan, investasi, industri, dan perdagangan.

Maksud dan Tujuan Diskusi

Diskusi publik ini bertujuan untuk memberikan edukasi publik serta penyampaian informasi terkait visi, misi serta program aksi/kebijakan ekonomi, khususnya dari kedua pasang Capres-Cawapres terkait isu ekonomi, kesejahteraan sosial, keuangan, investasi, industri, dan perdagangan kepada masyarakat yang lebih luas. Selain itu, diskusi ini diharapkan mampu berperan sebagai sarana bertukar pemikiran, ide, dan gagasan karena akan menghadirkan beberapa ahli ekonomi, pengamat, peneliti, dan kalangan akademik untuk memberikan tanggapan terhadap visi, misi, serta program aksi/kebijakan ekonomi dari masing-masing pasangan calon, khususnya terkait dengan isu ekonomi, kesejahteraan sosial, keuangan, investasi, industri, dan perdagangan.

Format acara ini akan dibagi menjadi dua bagian, pertama, pemaparan dan tanggapan dari pembahas diskusi terkait ide dan gagasan yang disampaikan Capres/Cawapres dalam debat ketiga yang diselenggarakan pada 13 April 2019. Kemudian, pada bagian kedua, adalah diskusi panel yang melibatkan pembicara/pembahas, serta peserta diskusi yang dipimpin oleh moderator.

Pada sesi pemaparan dan pembahasan, para pembicara diharapkan akan memberikan beberapa poin terkait isi dari debat yang meliputi:

  • Visi, misi, dan program aksi/kebijakan ekonomi.
  • Arah pembangunan ekonomi Indonesia.
  • Narasi dan realisasi terkait visi dan misi kedua pasang calon.
  • Saran dan masukan terkait visi, misi, dan program aksi/kebijakan kedua pasang calon.
Live Streaming