Lokakarya Pengajar Muda untuk Kebijakan Luar Negeri Indonesia

13 Oct 2019 12.00 AM - 19 Oct 2019 11.59 PM
Jakarta, Indonesia

Centre for Strategic and International Studies (CSIS) Indonesia mengundang pengajar muda program studi Hubungan Internasional ke Jakarta pada tanggal 13-19 Oktober 2019 untuk mengembangkan ide-ide inovatif terkait kebijakan luar negeri Indonesia. Lokakarya akan meliputi diskusi dengan pembuat, pemangku, dan pakar kebijakan dan diakhiri dengan seminar nasional dimana peserta akan mempresentasikan makalah masing-masing.

Peserta yang lolos seleksi akan berkesempatan untuk menerbitkan tulisan di publikasi CSIS. Peserta dapat berdiskusi dan membangun relasi dengan pembuat, pemangku, dan pakar kebijakan luar negeri Indonesia. Pembicara selama lokakarya antara lain (dalam konfirmasi):

  • Mari Elka Pangestu
  • Jusuf Wanandi
  • Philips Vermonte
  • Evan Laksmana
  • Shafiah Muhibat
Pendanaan

Transportasi menuju dan dari Jakarta akan ditanggung oleh penyelenggara. Transportasi lokal, akomodasi, konsumsi, dan uang saku selama kegiatan akan ditanggung oleh penyelenggara.

Waktu dan Tempat
Hari/Tanggal

Minggu-Sabtu, 13-19 Oktober 2019

Tempat

Centre for Strategic and International Studies
Gedung Pakarti Centre
Jalan Tanah Abang III no 23-27
Jakarta Pusat
10160

Deskripsi

Format acara adalah lokakarya selama satu minggu di mana para pengajar muda akan diundang ke Jakarta untuk mengembangkan ide-ide mereka lebih lanjut melalui pertemuan dengan pembuat, pemangku, dan pakar kebijakan mengenai peluang dan tantangan yang Indonesia hadapi saat ini. Mereka juga akan mengunjungi instansi-instansi utama terkait kebijakan luar negeri dan berdiskusi dengan perwakilan dari masyarakat sipil mengenai kebijakan pemerintah saat ini.

Peserta akan terdiri dari lima (5) pengajar muda laki-laki dan lima (5) wanita yang akan diseleksi berdasarkan kriteria yang akan ditentukan. Proses seleksi akan meliputi pengumuman dan undangan dari CSIS kepada semua program studi Hubungan Internasional di universitas-universitas Indonesia. Dalam proses seleksi, peserta akan diminta untuk mengumpulkan CV dan minat penelitian beserta uraian bagaimana lokakarya ini dapat membantu ide dan penelitian mereka untuk kepentingan kebijakan. Pada akhir lokakarya, peserta akan mempresentasikan ide-ide mereka mengenai arah isu-isu kebijakan luar negeri Indonesia terkait di masa depan dalam sebuah seminar nasional.

Rangkaian kegiatan meliputi seminar nasional dan penulisan artikel yang diterbitkan di publikasi CSIS. Dari hasil rangkaian kegiatan tersebut, CSIS dapat mengumpulkan ide-ide baru kebijakan luar negeri dan menerbitkan mereka dalam serangkaian publikasi akademik.

Pendaftaran

Pelamar dapat mengirimkan berkas aplikasi secara langsung ke CSIS atau email ke international.relations@csis.or.id. Berkas aplikasi berupa:

  • Curriculum vitae (CV)
  • Bukti afiliasi dengan institusi (i.e. kartu identitas pengajar)
  • Deskripsi Topik Penelitian (500 kata)

Melalui dokumen ini, pelamar dapat menjabarkan proposal tulisan yang sesuai dengan minat penelitian masing-masing yang berkaitan dengan isu-isu kebijakan luar negeri Indonesia. Inovasi dan relevansi topik terhadap kebijakan akan menjadi penilaian penting dalam seleksi.

Tenggat waktu pengiriman aplikasi Jumat, 23 Agustus 2019, pukul 23.59

Jadwal Seleksi

  • 23 Agustus 2019. Batas waktu pendaftaran
  • 6 September 2019. Pengumuman peserta yang lolos ke tahap selanjutnya
  • 18 September 2019. Batas waktu seleksi tahap lanjutan
  • 23-27 September 2019. Pengumuman peserta final lokakarya

Informasi dalam laman situs ini akan terus-menerus diperbarui. Kunjungi laman ini secara berkala untuk mendapatkan perkembangan terbaru.